PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI GURU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SAPUTRO , ANITA HERMAWATI DWI (2010) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI GURU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060046.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
A210060046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh komunikasi guru siswa terhadp prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh motivasi belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 teras Tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 siswa dengan teknik proposional random sampling. Data yang diperlukan melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2 dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi : Y=29,732+1,174.X1+0,905X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar ekonomi ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi belajar dan komunikasi guru siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 8,011> ttabel (1,980)dengan p-value= 0,000 diterima dalam taraf signifikan 5%. Kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah 36,1%. 2)Komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 6,096>ttabel(1,980) dengan taraf signifikan 5%.Kontribusi komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar adalah 24,3%. 3) motivasi belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung sebesar 81,731>Ftabel(3,07). Secara keseluruhan variabel pengaruh motivasi belajar dan komunikasi guru siswa memberikan kontribusi sebesar 60,4% terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, komunikasi guru siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 09:56
Last Modified: 11 Jun 2012 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9584

Actions (login required)

View Item View Item