PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PUTRI , WAHYU INDRIANI (2010) PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060034.pdf

Download (717kB)
[img] PDF
A210060034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al- Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di Al- Islam 3 Surakarta yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dua variabel, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 31,35+0,622X1+0,526X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah. Kesimpulan penelitian ini 1) Kepemilikan buku pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,939 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,511 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kepemilikan buku pelajaran dan Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,195 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,433, berarti 43,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel Kepemilikan buku pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 54,8% dan sumbangan efektif 23,7%. Variabel ruang belajar di rumah memberikan sumbangan relatif sebesar 45,2% dan sumbangan efektif 19,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan buku pelajaran, ruang belajar di rumah dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 09:50
Last Modified: 11 Jun 2012 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item