PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN

PUTRI, NATALIA KUSUMA (2010) PENGARUH METODE BILINGUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 BATURETNO TAHUN AJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060021.pdf

Download (636kB)
[img] PDF
A210060021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh metode bilingual terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. 3) pengaruh interaksi metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas VII SMP N 1 Baturetno tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel diambil 65 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Metode bilingual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa metode pembelajaran bilingual lebih besar dari siswa metode pembelajaran konvensional, yaitu 71,094 > 64,007. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pasar, dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. a) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, dengan perbedaan rata-rata prestasi sebesar 9,734. b) Prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 14,1180. c) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang yang memiliki motivasi belajar sedang dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 4,1446. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode bilingual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,771 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran bilingual, metode pembelajaran konvensional, motivasi belajar dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 09:43
Last Modified: 11 Jun 2012 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9578

Actions (login required)

View Item View Item