QOMARIYAH, TITIN and -, Dr. Sabar Narimo, M.M, M.Pd and -, Dr. Muthoifin, M.Ag. (2021) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN KESEHATAN MENTAL DENGAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN 2021. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (763kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
Abstract
Sebab-sebab ketidakberperannya motivasi mengajar guru terhadap mengajar dalam pembelajaran antara lain disebabkan oleh masih banyaknya guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh. Sebagian guru yang belajar di luar jam kerjanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga tidak memiliki kesempatan untuk meningkatkan diri, baik membaca, menulis apalagi membuka internet. Kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri karena guru tidak dituntut untuk meneliti sebagaimana yang diberlakukan pada dosen di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan religiusitas dan kesehatan mental dengan motivasi mengajar guru di SDIT Ar-Risalah Surakarta baik secara parsiap maupun simultan. Penelitian kuantitatif di SDIT Ar-Risalah Surakarta melalui kuesioner dalam mengumpulkan data dari 80 sampel. Analisis data menggunakan regresi, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian: (1) Ada hubungan antara religiusitas dengan motivasi mengajar guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < dari 0,05. Nilai sumbangan efektif variabel religiusitas sebesar 28,2%, (2) Ada hubungan antara kesehatan mental dengan motivasi mengajar guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < dari 0,05. Nilai sumbangan efektif variabel kesehatan mental sebesar 27,7%, (3) Ada hubungan antara religiusitas dan kesehatan mental secara bersama-sama dengan motivasi mengajar guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi dengan probabilitas 0,000 < 0,005. Secara bersama-sama memberikan sumbangan atau kontribusi kepada motivasi mengajar guru sebesar 41,7%.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | religiusitas, kesehatan mental, motivasi mengajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | TITIN QOMARIYAH |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 06:05 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 06:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95734 |
Actions (login required)
View Item |