NURSINI, RETNO (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
J410080214.pdf Download (109kB) |
|
PDF
J410080214.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
Abstract
Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi yang akan berdampak kredibilitas masyarakat terhadap puskesmas semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan berwujud terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Teras Boyolali. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan persamaan regresi linear berganda y = 8,078 + 0,192X1 + 0,240X2 + 0,318X3 + 0,271X4 + 0,222X5 + Є. Pasien merasa tidak puas terhadap pemberian informasi yang kurang jelas, kurangnya kedisiplinan petugas pelayanan dan kecepatan pelayanan petugas puskesmas kurang efektif. Perlu adanya peningkatan kinerja pelayanan puskesmas terutama pemberian informasi yang jelas kepada pasien
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan (keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, berwujud), kepuasan pasien |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Dec 2010 08:08 |
Last Modified: | 24 Dec 2010 11:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9526 |
Actions (login required)
View Item |