Analisis Aspek Makna Lagu Nasional Yang Digunakan Untuk Penumbuhan Budi Pekerti Secara Nasionalis Untuk Siswa Yang Bersekolah Secara Online Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan

Parmasih, Diah (2021) Analisis Aspek Makna Lagu Nasional Yang Digunakan Untuk Penumbuhan Budi Pekerti Secara Nasionalis Untuk Siswa Yang Bersekolah Secara Online Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (555kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (710kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Diah Parmasih/A310170102. ANALISIS ASPEK MAKNA LAGU NASIONAL YANG DIGUNAKAN UNTUK PENUMBUHAN BUDI PEKERTI SECARA NASIONALIS UNTUK SISWA YANG BERSEKOLAH SECARA ONLINE DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli. 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Aspek Makna Lagu Nasional yang Digunakan untuk Penumbuhan Budi Pekerti secara Nasionalis untuk Siswa yang Bersekolah secara Online dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan dengan cara memaparkan dan mendeskrepsikan aspek makna lagu nasional dengan pendidikan karakter . Sumber data dari penelitian ini adalah lagu Nasional yang digunakan untuk penumbuhan karakter dan budi pekerti secara nasionalis dan data dari penelitian ini adalah lagu nasional yang mengandung aspek makna, yang terdiri dari aspek pengertian, perasaan, nada, dan tujuan serta lagu yang mengandung pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, rekam, Dokumentasi dan catat yang kemudian dianalisis dengan metode padan intralingual, metode penelitian lapangan, analisis isi dan penelitian evaluasi. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan aspek sense (pengertian) dapat menumbuhkan budi pekerti secara nasionalis karena maksna yang ada di dalam lirik lagu lagu tersebut. Anak anak juga sudah memaparkan makna lagu lagu nasional tersebut dan yang di jabarkan oleh anak anak sudah mengarah kepada makna asli dari lagu nasional tersebut. Analisis Aspek Felling (Perasaan) dan Tone (Nada) menunjukkan bahwa didalam lirik lagu nasional tersebut mempunyai perasaan yang beraneka ragam mulai dari senang , bergembira, patah semangat , pantang menyerah dan mengharukan. Dengan tinggi rendahnya nada di dalam suatu lirik akan membuat perasaan seseorang menjadi lebih menjiwai jika di nyanyikan dan dapat merasakan makna yang tersirat di dalamnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Makna, Pendidikan Karakter, Lagu nasional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: DIAH PARMASIH
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:01
Last Modified: 29 Sep 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94553

Actions (login required)

View Item View Item