Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Efektifitasbelajar Siswa Kelas X Di SMK Harapan Kartasura Tahun Pelajaran 2018/2019

Dwi, Emilda and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Efektifitasbelajar Siswa Kelas X Di SMK Harapan Kartasura Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Lampiran)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (328kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
H. DEPAN.pdf

Download (488kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa video interaktif berbasis videoscribe powtoon yang layak untuk mata pelajaran kewirausahaan di SMK Harapan Kartasura.Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model desian instruksional ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa komentar, saran dari para ahli dan kuantitatif berupa angket kuesioner yang diserahkan oleh siswa untuk mengetahui kelayakkan penggunaan media pembelajaran berbasisPowtooon. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif yang berisikan materi kewirausahaan dan juga soal-soal evaluasi. Hasil penilaian tingkat kelayakan ahli media sebesar 4,2 masuk dalam kategori layak, ahli materi sebesar 4,3 masuk dalam kategori sangat layak,penilaian subjek uji coba produk sebesar 4 masuk dalam kategori layak, dan dari subjek uji eksperimen adalah sebesar 4,2 masuk dalam kategori layak. Ketercapaian KKM sebelum panelitian sebesar 33,33% sedangkan setelah penelitian sebesar 87,50%.Ditinjau dari rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang semula 76,00% setelah penelitian mengalami peningkatan menjadi 86,00%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelejaran powtooon, kewirausahaan, kelayakan media pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: EMILDA DWI SETYANTO
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:37
Last Modified: 17 Sep 2021 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94254

Actions (login required)

View Item View Item