PENGARUH PEMAHAMAN TUGAS, MOTIVASI, DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 1 KARTASURA

Hidayati, Nurul (2008) PENGARUH PEMAHAMAN TUGAS, MOTIVASI, DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman tugas, motivasi, dan kemampuan kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kartasura. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Dengan populasi guru SMP Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 58 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan interview. Data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas dengan hasil semua data berdistribusi normal dan linier. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda, uji F, uji t, serta Sumbangan Relatif (SR) dan Sumbangan Efektif (SE). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pemahaman tugas berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kartasura adalah terbukti, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.240, nilai thitung sebesar 2.623, ttabel sebesar 2.000 atau 2.623 > 2.000. Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kartasura adalah terbukti, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.266, nilai thitung 2.780, ttabel sebesar 2.000 atau 2.780 > 2.000. Kemampuan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kartasura adalah terbukti, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.383, nilai thitung sebesar 2.668, ttabel sebesar 2.000 atau 2.668 > 2.000. Pemahaman tugas, motivasi, kemampuan kerja, secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kartasura adalah terbukti, dengan nilai Fhitung sebesar 3.464 Ftabel n = 58, k = 4, adalah 2.76, atau 3.464 > 2.76. Sumbangan Relatif masing-masing variabel adalah pemahaman tugas sebesar 27%, motivasi sebesar 29,9%, dan kemampuan kerja sebesar 43,1%. Untuk Sumbangan Efektif sebesar 62.66% sisanya 37.34% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman tugas, motivasi, kemampuan kerja, kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jul 2008 03:13
Last Modified: 31 Jan 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item