PROPOSAL PKM-KES KRIWIS (ES KRIM BUAH KAWIS) SEBAGAI PEREDA STRES DAN MENGURANGI SAKIT SAAT HAID

Doali, Muhamad Irfan S. and Kinasih, Restu Ajeng and Ramadhan, Syahrul and Supryadin, Afen Orleno and Nugrahani R., Mellyniawati Tri (2021) PROPOSAL PKM-KES KRIWIS (ES KRIM BUAH KAWIS) SEBAGAI PEREDA STRES DAN MENGURANGI SAKIT SAAT HAID. Kabag Mawa, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (PROPOSAL PKM-KES KRIWIS)
D400180141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawis atau kawista merupakan buah golongan jeruk-jerukan (Rutaceae) yang banyak tumbuh didaerah beriklim tropis atau panas contohnya di Kabupaten Rembang. Salah satu manfaat dari buah kawista adalah kemampuannya untuk menurunkan sakit panas dan menyembuhkan sakit perut. Selain itu buah kawista juga bisa mengatasi haid yang berlebihan, mencegah gangguan hati dan mengatasi mual-mual. Buah kawis biasanya hanya dimanfaatkan sebagai buah dikonsumsi secara langsung tanpa diolah menjadi suatu produk pangan tertentu atau sebagai minuman dalam bentuk jus saja. Es krim merupakan makanan padat dalam bentuk beku yang banyak disukai oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula. Banyaknya masyarakat yang menyukai es krim karena rasanya yang lezat, manis dan teksturnya lembut. Ditinjau dari kandungan gizi, es krim mengandung kalsium, fosfor, protein, vitamin, dan mineral. Kandungan kalsium dan fosfor pada es krim bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi. Sebagian besar es krim yang telah diolah masyarakat berbahan baku dari susu hewani yang banyak mengandung lemak jenuh, sehingga setiap orang kadang tidak mau terlalu sering mengkonsumsinya karena takut gemuk yang disebabkan oleh kandungan lemak pada es krim tersebut. Oleh karena itu, perlu ada alternatif lain pada pembuatan es krim dengan bahan nabati dari tumbuhan sebagai campuran susu skim. Alternatif lain yang bisa digunakan yaitu dengan membuat es krim dari buah kawis atau kawista. Target market atau pasar yang kemudian kami akan sasar berdasarkan market size dan segmen pasar di atas pada awalnya dari mahasiswa, dosen hingga pegawai. Kemudian dikembangkan memasuki pasar yang lebih luas lagi yaitu masyarakat umum dari segala usia serta jenis kelamin. Produk yang kami buat ini merupakan produk home industri. Produk ini akan dipromosikan lewat beberapa jaringan sosial media, seperti blog, youtube, facebook, instagram, line, dan juga whatsapp. Sehingga konsumen bisa membeli secara online dengan metode delivery order, pameran, pamflet dan MMT, mouth to mouth, dan sebagainya

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kawis, Es Krim, Haid
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Unit > Kemahasiswaan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Aug 2021 03:25
Last Modified: 06 Aug 2021 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/92768

Actions (login required)

View Item View Item