PRASETIYO, FANDI (2010) FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH WARU BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000070089.pdf Download (83kB) |
|
PDF
G000070089.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
Abstract
Pentingnya minat belajar adalah proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Begitu juga siswa yang mempunyai minat dalam dirinya untuk belajar, maka siswa tersebut dapat dengan mudah menyerap materi pelajaran yang dipelajarinya. Keberadaan bimbingan dan konseling di sekolah yang mengatasnamakan Islam dalam menjalankan tugas bimbingan tentunya harus berpegang pada Islam baik dalam fungsi preventif maupun kuratif. Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo merupakan suatu yang perlu kita ketahui. Di sinilah fungsi bimbingan dan konseling Islami menjadi sangat penting adanya. Untuk meningkatkan minat belajar siswa , guru, keluarga dan pihak sekolah khususnya guru bimbingan dan konseling harus mampu menumbuhkan kesadaran dalam diri mereka, lingkungan sekolah dan juga pribadi-pribadi peserta didik tersebut. Berdasar kenyataan di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai beikut: bagaimana fungsi bimbingan dan konseling Islami terhadap minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo kelas VII tahun ajaran 2009/2010 dan bagaimana pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo. Manfaat penelitian ini adalah: sebagai bahan masukan kepada sekolah dan instansi pendidikan, bagi siswa sebagai bahan masukan dan renungan, penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh meliputi data primer dari siswa kelas VII MTs Muhammadiyah yang dijadikan obyek dan guru BK, data sekunder diperoleh dari kepala sekolah dan guru serta karyawan administrasi di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian dilakukan reduksi data dengan memilih sesuai dengan penelitian, data tersebut disajikan secara narasi dan selanjutnya dilakukan verifikasi data. Kesimpulan peneliti ini adalah: a) Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo dalam menjalankan aktivitasnya bekerja sama dengan guru pendidikan agama Islam, bersifat klasikal yaitu satu minggu sekali. b) Fungsi bimbingan dan konseling Islami di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo dalam menjalankan aktifitasnya memiliki 4 fungsi: Fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan dan fungsi pemeliharaan dan pengembangan. c) Minat belajar siswa setelah mendapatkan bimbingan dan konseling Islami di MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan dan konseling Islami, minat belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Dec 2010 08:52 |
Last Modified: | 10 Dec 2010 11:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9265 |
Actions (login required)
View Item |