Optimasi Penempatan Gardu Traksi Listrik Aliran Atas (LAA) Antara Stasiun Ceper – Stasiun Gawok Berdasarkan Penurunan Tegangan Untuk Meningkatkan Keandalan Pasokan Daya Listrik KRL

Hananto, Candra Rahman and , Agus Supardi, S.T., M.T (2021) Optimasi Penempatan Gardu Traksi Listrik Aliran Atas (LAA) Antara Stasiun Ceper – Stasiun Gawok Berdasarkan Penurunan Tegangan Untuk Meningkatkan Keandalan Pasokan Daya Listrik KRL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi Ilmiah Candra Rahman Hananto D400170138.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, kebutuhan akan suatu alat transportasi terus meningkat. Terutama untuk para commuters, yang dibutuhkan saat ini adalah angkutan massal yang murah, cepat, bebas hambatan, nyaman dan selalu tersedia seperti halnya kereta rel listrik (KRL). Moda transportasi baru yang menghubungkan kota Jogja-Solo ini harapannya akan terus meningkat dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan transportasi KRL dengan diimbangi jumlah kereta yang mencukupi, sehingga semakin besar juga kebutuhan daya yang harus disuplai. Untuk menjaga keandalan pasokan daya listrik maka harus mengoptimalkan penempatan antar gardu traksi agar lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan jarak antara Gardu traksi Ceper dan Gawok yang optimal, sehingga mengurangi terjadinya gangguan pada kelancaran perjalanan KRL. Untuk mendapat jarak optimal, penelitian ini menggunakan perhitungan jatuh tegangan pada lintas yang terjadi pada KRL. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan jarak optimal penempatan gardu traksi Ceper-Gawok adalah 8 km, dengan jatuh tegangan maksimal 144,33 VDC atau 9,62% dari batas maksimum yang diperbolehkan yaitu 10 % dari tegangan nominal 1500 VDC (PM No 50 : 2018).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gardu traksi, KRL, jatuh tegangan, transportasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: CANDRA RAHMAN HANANTO
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:11
Last Modified: 10 Aug 2021 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/92581

Actions (login required)

View Item View Item