PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. REKACIPTA TEHNINDO PERKASA DI BATUR KLATEN

TRISUTRISNA, HENDRA JAYA (2010) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. REKACIPTA TEHNINDO PERKASA DI BATUR KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060144.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
B100060144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen PT. Rekacipta Tehnindo Perkasa di Batur Klaten. Dalam penelitian ini digunakan dua macam variabel independen yaitu: harga dan kualitas produk dan satu variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan metode regresi linier berganda. Pengumpulan data dengan data primer yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang memakai produk dari PT. Rekacipta Tehnindo Perkasa. Dalam penelitian ini diambil sampel dengan jumlah 60 responden, dengan alasan pengambian sampel tersebut sudah melebihi batas standar sampel yang baik yaitu diatas 30. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling yaitu yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode ini digunakan agar pengambilan sampel dapat mewakili populasi sehingga sesuai dengan harapan peneliti, selain itu peneliti juga menggunakan data sekunder yaitu data yang telah disediakan oleh pihak perusahaan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda (SPSS 10.0). Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil analisis regresi linier berganda untuk variabel harga (X1) sebesar 0,510 dengan nilai thitung (3,961)> ttabel (2,002) sehingga Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil analisis regresi linier berganda untuk variabel kualitas produk (X2) 0,653 dengan nilai thitung (4,219) )> ttabel (2,002) sehingga Ho ditolak, hal ini menunjukan bahwa menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini berarti harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan dari hasil koefisien determinasi diperoleh R2 0,684 berarti harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh sebesar 68,4% terhadap kepuasan konsumen (Y).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2010 05:50
Last Modified: 06 Dec 2010 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item View Item