Implementasi Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi: Systematic Review

Astara, Araa Reda and , Siti Hadiyati Nur Hafida, S.Pd., M.Sc (2021) Implementasi Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi: Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Araa Reda_Artikel Nakah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Bencana gempabumi dapat terjadi sewaktu-waktu sehingga berbagai negara begitu mengupayakan pengurangan risiko bencana melalui pendidikan dengan harapan materi mengenai kebencanaan dapat diedukasikan dengan mudah melalui berbagai implementasi. Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana atau PRB dilakukan sebagai upaya menyampaikan pemahaman terkait bahaya bencana guna menekan risiko dari bahaya yang terjadi. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi pendidikan PRB setiap negara yang memiliki kerawanan bencana gempabumi, (2) mendiskripsikan implementasi dalam pendidikan PRB gempabumi setiap negara yang memiliki kerawanan bencana gempabumi. Menggunakan metode kualitatif berupa Systematic review dengan multistage proses sebagai teknik pengumpulan data, terkumpul 249 data berupa jurnal artikel dari berbagai data pubslisher dan index dengan 14 jurnal yang dapat dianalisis. Berdasarkan analisis diperoleh hasil (1) pendidikan PRB gempabumi Negara Indonesia, Amerika Serikat, Israel, dan Jepang pada penelitian ini menyajikan pendidikan formal dalam mengedukasi PRB gempabumi sedangkan Negara Islandia, Portugal, Iran, dan Italia mengajarkan pendidikan PRB gempabumi melalui pendidikan formal dan non formal. (2) Implementasi dalam pendidikan PRB gempabumi di setiap Negara diterapkan dalam berbagai macam program, kegiatan dan media seperti materi kebencanaan diimplementasikan melalui buku atau bahan ajar, latihan dan pendidikan public melalui siaran televisi dan sebaran informasi menjadi upaya pendidikan PRB gempabumi. Melalui Pendidikan formal dan non formal PRB gempabumi diedukasikan dengan diimplementasikannya berbagai program, kegiatan, dan media oleh karena itu semua pihak terkait seperti pemerintah, lembaga sekolah, dan Badan Penanggulangan bencana perlu mensinergikan dan saling bekerjasama untuk membangun pendidikan PRB gempabumi agar terciptanya anak-anak dan generasi muda yang tangguh akan bencana

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Formal dan Non Formal, PRB, Pendidikan PRB, Gempa Bumi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ARAA REDA ASTARA
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:01
Last Modified: 24 Apr 2021 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90664

Actions (login required)

View Item View Item