Astara, Araa Reda and , Siti Hadiyati Nur Hafida, S.Pd., M.Sc (2021) Implementasi Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi: Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Araa Reda_Artikel Nakah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (739kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
Abstract
Bencana gempabumi dapat terjadi sewaktu-waktu sehingga berbagai negara begitu mengupayakan pengurangan risiko bencana melalui pendidikan dengan harapan materi mengenai kebencanaan dapat diedukasikan dengan mudah melalui berbagai implementasi. Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana atau PRB dilakukan sebagai upaya menyampaikan pemahaman terkait bahaya bencana guna menekan risiko dari bahaya yang terjadi. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi pendidikan PRB setiap negara yang memiliki kerawanan bencana gempabumi, (2) mendiskripsikan implementasi dalam pendidikan PRB gempabumi setiap negara yang memiliki kerawanan bencana gempabumi. Menggunakan metode kualitatif berupa Systematic review dengan multistage proses sebagai teknik pengumpulan data, terkumpul 249 data berupa jurnal artikel dari berbagai data pubslisher dan index dengan 14 jurnal yang dapat dianalisis. Berdasarkan analisis diperoleh hasil (1) pendidikan PRB gempabumi Negara Indonesia, Amerika Serikat, Israel, dan Jepang pada penelitian ini menyajikan pendidikan formal dalam mengedukasi PRB gempabumi sedangkan Negara Islandia, Portugal, Iran, dan Italia mengajarkan pendidikan PRB gempabumi melalui pendidikan formal dan non formal. (2) Implementasi dalam pendidikan PRB gempabumi di setiap Negara diterapkan dalam berbagai macam program, kegiatan dan media seperti materi kebencanaan diimplementasikan melalui buku atau bahan ajar, latihan dan pendidikan public melalui siaran televisi dan sebaran informasi menjadi upaya pendidikan PRB gempabumi. Melalui Pendidikan formal dan non formal PRB gempabumi diedukasikan dengan diimplementasikannya berbagai program, kegiatan, dan media oleh karena itu semua pihak terkait seperti pemerintah, lembaga sekolah, dan Badan Penanggulangan bencana perlu mensinergikan dan saling bekerjasama untuk membangun pendidikan PRB gempabumi agar terciptanya anak-anak dan generasi muda yang tangguh akan bencana
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Formal dan Non Formal, PRB, Pendidikan PRB, Gempa Bumi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ARAA REDA ASTARA |
Date Deposited: | 24 Apr 2021 02:01 |
Last Modified: | 24 Apr 2021 02:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90664 |
Actions (login required)
View Item |