Perubahan Perilaku Tokoh dalam Novel Pirgi dan Misota Karya Yetti A.KA dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar pada Pembelajaran Sastra di Sekolah

Sofyan, Yulian Rahmat Eka and , Dr. Main Sufanti, M.Hum. (2021) Perubahan Perilaku Tokoh dalam Novel Pirgi dan Misota Karya Yetti A.KA dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar pada Pembelajaran Sastra di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis struktur yang membangun novel Pirgi dan Misota (2) Untuk mendeskripsikan bentuk perubahan perilaku tokoh yang terkandung dalam novel Pirgi dan Misota (3) Untuk mendeskripsikan relevansi hasil penelitian sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat, paragraf, dan kutipan yang terdapat dalam novel Pirgi dan Misota karya Yetti A.KA dan KI KD pada pelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah novel Pirgi dan Misota karya Yetti A.KA dan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 pada pembelajaran bahasa indonesia. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Pada teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pembawa heuristik. Hasil penelitian ini berupa (1) unsur pembangun novel yakni, tema dan fakta cerita. Tema pada novel ini adalah kecerobohan membuat polemik kejiwaan. Fakta cerita meliputi alur, penokohan dan latar. Alur pada novel ini adalah alur maju, tokoh pada novel ini terdiri dari pirgi, misota, ibu, ayah, nodee,dan zo. Sedangkan latar dari novel ini dibagi menjadi 3 (tiga) yakni latar tempat. Latar waktu dan latar sosial. Latar tempat terjadi di Jakarta dan Kebun Raya Bogor, latar waktu kejadian terjadi pada tahun 2015 dan latar sosial dalam novel ini adalah perkotaan. (2) Perubahan perilaku pada novel ini ada 3 (tiga) yakni perubahan perilaku secara alamiah, kesediaan berubah dan perubahan terencana. perubahan alamiah pada penelitian ini adalah berubahnya sikap tokoh ibu yang sebelumnya acuh kepada anak anaknya menjadi tokoh ibu yang menyayangi anaknya. Perubahan terencana dalam novel ini adalah berubahnya perilaku ibu ketika pirgi menikah dengan Nodee dengan merencanakan tidak akan menjenguk pirgi. Dan bentuk kesediaan berubah dalam novel ini adalah kesediaan pirgi menjadi bahan uji coba nodee yang berubah menjadi jamur raksasa(3) Hasil dari penelitian berupa bentuk intrinsik dan perubahan perilaku Pirgi dan Misota karya Yetti A.Relevan sebagai bahan ajar di sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII pada KD 3.9 yakni menganalisis isi dan kebahasan pada novel. Dan hasil penelitian yang berupa perubahan perilaku tokoh relevan terhadap KD 3.11 yakni menganalisis pesan yang terkandung dalam buku fiksi yang dibaca dan dijadikan bahan ajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: unsur pembangun novel, bentuk perubahan perilaku, bahan ajar, psikologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: YULIAN RAHMAT EKA SOFYAN
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:00
Last Modified: 01 Apr 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90348

Actions (login required)

View Item View Item