Mahmudah , Siti (2010) INTERAKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN (KISAH NABI IBRAHIM DAN NABI ISMAIL). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060049.pdf Download (608kB) |
|
PDF
G000060049.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
Abstract
Dalam kehidupan, manusia digolongkan sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu manusia selalu melakukan interaksi dengan manusia yang lain untuk bisa hidup bersama. Pendidikan Islam merupakan salah satu fenomena interaksi kehidupan sosial manusia. Dalam melakukan interaksi pendidikan Islam manusia perlu mengetahui dan meneladani kisah-kisah orang terdahulu yang diabadikan dalam kitab suci Al Qur’an. Salah satunya adalah interaksi pendidikan Islam yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Berdasarkan dari latar belakang di atas, maka pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan bagaimana interaksi pendidikan Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang dikisahkan dalam Al Qur’an dan apa urgensi interaksi pendidikan Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang dikisahkan dalam Al Qur’an dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penulis adalah untuk mengetahui interaksi pendidikan Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagaimana yang dikisahkan dalam Al Qur’an, untuk mengetahui urgensi interaksi pendidikan Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang dikisahkan dalam Al Qur’an dalam dunia pendidikan. Adapun manfaat dari penulisan ini adalah sumbangan pemikiran kepada pendidik atau orang tua dalam melakukan interaksi pendidikan Islam terhadap anak didiknya dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Penelitian ini merupakan penelitian bibliografi yang dilakukan dengan mencari dan menganalisis hasil pemikiran, ide-ide yang ditulis oleh pemikir dan ahli. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi dengan menelaah sumber-sumber data, baik primer maupun sekunder, dan analisis data dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tujuan interaksi pendidikan Islam adalah untuk memanusiakan manusia untuk patuh kepada Allah (Q.S Ash-Shaffat ayat 102-107), menanamkan pada diri Ismail untuk selalu bersyukur kepada Allah (Q. S Ibrahim ayat 37) dan mendidik anak untuk selalu taat beribadah dan menjalankan semua perintah Allah disertai dengan rasa ikhlas (Q.S Al Baqarah ayat 125-128). Materi yang terkandung dalam interaksi pendidikan Islam antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah materi pendidikan akhlaq, jasmani dan rohani. Metode yang digunakan Nabi Ibrahim dalam mendidik Ismail adalah metode dialog, pemberian teladan yang baik, serta pemberian kasih sayang terhadap anak didik. Dan interaksi pendidikan antara keduanya berada di lingkungan keluarga. Pola yang dilakukan dalam interaksi pendidikan Islam antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menggunakan pola pendidik – anak didik – pendidik, pola pemberian teladan yang baik, serta pola ketaatan dan kasih sayang. Urgensi interaksi pendidikan Islam yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah antara pendidik dan anak didik mampu mengambil pelajaran dari kisah mereka serta mampu meneladaninya dalam melakukan interaksi pendidikan Islam, sehingga dapat mencetak generasi dan pendidikan Islam yang handal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi pendidikan dalam Al Qur'an, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ,pola ketaatan dan kasih sayang, Urgensi interaksi pendidikan Islam |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Nov 2010 09:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2010 10:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8959 |
Actions (login required)
View Item |