Marita , Oka (2010) PENGELOLAAN KELAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT NUR HIDAYAH KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060043.pdf Download (186kB) |
|
PDF
G000060043.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Suatu kondisi belajar yang optimal dapat dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran, serta mengendalikan dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan persyaratan mutlak terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran tersebut, SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta juga dihadapkan dengan masalah pengelolaan pembelajaran di kelas, baik secara fisik maupun yang menyangkut siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas serta bagaiman hasil belajar siswa kelas III (tiga) tahun ajaran 2009/2010. Manfaat teoritis yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan kepada SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta tentang pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar dan manfaat praktis yang diharapkan ialah menjadi bahan pertimbangan bagi SDIT Nur Hidayah Surakarta secara khusus dalam proses belajar mengajar, ketrampilan pengelolaan kelas bagi guru dan wali kelas secara umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode: wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Adapun penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif, yaitu dengan dimulai pengumpulan data melalui teknik wawancara (interview), observasi di lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara membandingkan dan mengklarifikasinya menjadi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengelolan kelas di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta sudah berjalan secara maksimal, secara fisik SDIT Nur Hidayah telah berusaha mengelola kelas dengan baik tetapi masih ada beberapa kekurangan, yaitu pengaturan tempat duduk masih sangat tradisional, untuk menunjukkan kesehatan kelas terdapat ventilasi dan pencahayaan tetapi pencahayaan alaminya masih kurang, alat-alat peraga dan media belajar yang digunakan sangat variatif tetapi tidak semuanya diletakkan di kelas. Faktor pendukung pelaksanaan pengelolaan kelas adalah adanya kerja sama yang baik antara wali kelas dan pendampingnya dengan guru mata pelajaran dan sebaliknya, sikap wali kelas dan guru-guru yang baik, berwibawa sehingga memberikan dorongan kepada siswa untuk selalu belajar. Faktor pendukung yang lain adanya sarana prasarana dan fasilitas yang memadai untuk proses pembelajaran. Faktor penghambat adalah: ada beberapa siswa yang terlambat, tidak semua guru memiliki kedisiplinan dalam mengajar seperti tidak hadir tanpa izin, keterbatasan luas ruang kelas. Hasil belajar siswa antara lain dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu pengelolaan kelas, baik secara fisik maupun yang menyangkut siswa. Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru-guru di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta sudah baik sehingga terlihat hasil belajar siswa cukup baik pula. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas di semester 1 tahun ajaran 2009/2010 pada mapel Qur’an Hadist mencapai 81,1 mapel Bahasa Indonesia mencapai 82,4 mapel IPA mencapai 78,2 dan mapel Metematika mencapai 77,8.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran di kelas, SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Nov 2010 09:08 |
Last Modified: | 19 Nov 2010 10:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8955 |
Actions (login required)
View Item |