HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU KOPING MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO JOGJAKARTA

SUSANTI , DEWI (2008) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU KOPING MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO JOGJAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100040134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan sosial (dukungan keluarga, dukungan teman dan dukungan dosen pembimbing skripsi) dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Jogjakarta. Sampel penelitian ini penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang manyusun skripsi dari program studi teknik elektro, teknik mesin, teknik industri dan teknik penerbangan berjumlah 120 mahasiswa. Pengambilan sampel dengan teknik quota purposive non random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan keluarga, skala dukungan teman, skala dukungan dosen pembimbing skripsi dan skala perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan korelasi parsial. Hasil analisis data dengan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil R=0,641 dengan p=0,000 (p<0,01). Hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Dukungan keluarga pada subyek tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 36,892 dan rerata hipotetik sebesar 35. Dukungan teman pada subjek tergolong sedang yang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 41,625 dan rerata hipotetik sebesar 37,5. Dukungan dosen pembimbing skripsi skripsi pada subjek tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 37,925 dan rerata hipotetik sebesar 35. Sedangkan, perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 69,767 dan rerata hipotetik sebesar 62,5. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan mengontrol variabel dukungan teman dan dukungan dosen pembimbing skripsi, dengan r=0,247; p<0,01. (2) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan teman dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan mengontrol variabel dukungan keluarga dan dukungan dosen pembimbing skripsi, dengan r=0,220; p<0,01. (3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan dosen pembimbing skripsi dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan mengontrol variabel dukungan keluarga dan dukungan teman, dengan r=0017; p>0,05. Sumbangan variabel dukungan keluarga dan dukungan teman terhadap perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sebesar 38,1% dan 3,1%. Dukungan dosen pembimbing tidak memberikan sumbangan terhadap perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (0%). Hal ini berarti masih terdapat 58,8% variabel lain yang mempengaruhi perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, seperti faktor jenis kelamin, status sosial ekonomi, intelegensi dan ketrampilan sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Apabila dukungan sosial tinggi, maka perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi semakin tinggi, dan apabila dukungan sosial rendah, maka perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi semakin rendah. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga dan dukungan teman secara mandiri berperan dalam peningkatkan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, sedangkan dukungan dosen pembimbing skripsi tidak secara signifikan berperan dalam meningkatkan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Dukungan sosial dan perilaku koping mahasiswa yang sedang menyusun skripsi tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: koping, dukungan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 18 Nov 2010 08:02
Last Modified: 18 Nov 2010 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8949

Actions (login required)

View Item View Item