MUNIR , M. SAIFUL (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
G000040110.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’ân yang telah mencakup secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, menguasai bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk memahami isi al-Qur’ân , oleh karena itu Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta adalah sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran yang dimana sasarannya adalah mahasiswa, wajib bagi mereka untuk mempelajari bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mempunyai beberapa kendala, sehingga pembelajaran bahasa Arab dianggap suatu pelajaran yang sulit, nilai bahasa Arab di Ma’had tersebut kurang maksimal,dan perlu ditingkakan lagi, mengingat materi-materi pelajaran di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq semua di kemas dalam bahasa Arab. Melihat dari permasalahan tersebut, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, apa problematika pembelajaran bahasa Arab yang terdapat pada mahaiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî dan bagaimana solusinya? Tujuan penelitian adalah untuk memetakkan problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî 2006/2007 dan ingin menemukan solusinya. Manfaat penelitian adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran bahasa Arab, baik untuk mahasiswa maupun ustadz Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî. Metode pengumpulan data menggunakan, metode interview metode dokumentasi. Asalisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berfungsi untuk memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Dari hasil penelitian penulis menarik kesimpulan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mustawâ tamhîdî adalah sebagian mahasiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq adalah lulusan dari SMA umum, mengalami kejenuhan di dalam kelas, masih terbawa logat jawa dalam percakapan bahasa Arab, kurang perbendaharaan kata dan hal dalam penulisan huruf Arab, dan faktor tenaga pendidik. Adapun solusinya yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah, mewajibkan para mahasiswa untuk menghafal semua kosa kata baru, penamabahan tenaga pengajar baru yang di datangkan asli orang Arab dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bahasa Arab |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 12 Nov 2010 03:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 12:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8939 |
Actions (login required)
View Item |