FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SAPEN NO. 44.57512 DI KARANGANYAR

MASCHUR , FEBBRY (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SPBU SAPEN NO. 44.57512 DI KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030059.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
B100030059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen SPBU Sapen No. 4457512 di Karanganyar? dam Variabel independen (harga, produk, pelayanan) yang lebih berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan SPBU Sapen No. 4457512 di Karanganyar? Tujuan yang ingin dicapai adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sapen No. 4457512 di Karanganyar. 2) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, produk, dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sapen No. 4457512 di Karanganyar. 3) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan SPBU Sapen No. 4457512 di Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pelanggan SPBU di Surakarta. Sampel yang akan diambil untuk diteliti adalah 100 konsumen/pelanggan SPBU di Karanganyar dengan metode pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket skala Likert dengan metode analisis data regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Berdasarkan hasil regresi linier diperoleh persamaan Y = 0,366 + 0,397X1 + 0,475X2 + 0,203X3. Pengujian analisis regresi, diperoleh nilai Fhitung (15,889) > Ftabel (2,70) dengan nilai signifikan (0,000) < signifikan penelitian (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel harga, produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan apabila digunakan bersama-sama atau serentak. Hasil thitung variabel harga (X1) sebesar (3,037) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel produk (X2) sebesar (3,942) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil thitung variabel pelayanan (X 3 ) sebesar (3,033) > ttabel (1,98) dengan nilai signifikan 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil kesimpulan uji t, diketahui bahwa variabel produk merupakan variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan karena nilai thitung > nilai thitung variabel yang lain. Hasil nilai R Square sebesar 0,332 atau 33,2%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga, produk, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Produk, Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2010 08:46
Last Modified: 14 Nov 2010 12:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item