MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN (TPA) (Studi Kasus di TPA Anak Sholeh Nurul Huda di Dukuh Lor Pakahan Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2006/2007)

HARIYANTO, SIGIT TRI (2008) MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN (TPA) (Studi Kasus di TPA Anak Sholeh Nurul Huda di Dukuh Lor Pakahan Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000040131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Pendidikan Islam mempunyai peranan yang sangat penting, karena mencakup berbagai aspek kehidupan manusia guna membentuk insan kamil. Hal ini tidak akan pernah terwujud apabila hanya dilimpahkan kepada lembaga pendidikan formal semata, yang notabene sumber daya pengajar dan alokasi waktunya sangat terbatas. TPA Anak Sholeh Nurul Huda adalah salah satu lembaga pendidikan lslam luar sekolah yang turut membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita pendidikan tersebut. Lembaga ini sudah lama dirintis sejak tahun 1992 oleh para aktivis muda yang bekerja sama dengan pengurus takmir mushola Nurul Huda Dukuh Lor. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya TPA tersebut mampu mengambil perhatian dan memperoleh kepercayaan dari masyarakat, sehingga dapat berkembang pesat. Akan tetapi, apakah dari kepercayaan masyarakat dan perkembangan yang pesat tersebut TPA Anak Sholeh Nurul Huda sudah mampu mengoptimalkan pelaksanaan manajemennya? apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam mengembangkan TPA tersebut? Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merasa tertarik untuk meneliti lembaga tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen yang diterapkan di lembaga tersebut serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan TPA tersebut. Manfaat dari penulisan ini adalah sebagai kontribusi pemikiran bagi peningkatan manajerial pendidikan, khususnya di TPA Anak Sholeh Nurul Huda agar lebih berkualitas dan sebagai sarana untuk merubah wacana masyarakat tentang pentingnya pendidikan Islam bagi anak melalui TPA sebagai pendidikan alternatif serta sebagai bahan kajian berikutnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yaitu yang dilakukan berdasarkan data-data yang dikumpulkan secara langsung dari lapangan. Adapun pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, maksudnya dengan mengemukakan hal-hal yang sedang terjadi dengan kata-kata. Di samping itu, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Setelah itu,data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghth, Weakness, Opportunity, Treath). Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya TPA Anak Anak Sholeh Nurul Huda adalah lembaga pendidikan Islam luar sekolah yang pelaksanaan manajemennya sudah menggunakan pola MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Hal ini dibuktikan dengan kelengkapan komponen-komponennya dan sudah ada pembagian tugas yang jelas. Sedangkan dalam pepemimpinannya TPA tersebut menggunakan pola kolegial (kebersamaan), demokratis, dan kekeluargaan. Namun dari semua itu ternyata masih ada kekurangan atau kelemahan yang harus diperbaiki lagi guna mengoptimalkan manajerialnya. Di antara kelemahan yang ada di TPA tersebut adalah kurangnya tenaga pengajar dan kebanyakan para pengajarnya masih berstatus pelajar, sehingga dalam pelaksanaan manajerialnya kurang optimal. Dan dalam masalah kepemimpinan, Kepala TPA dan ustadz senior masih sering memberikan instruksi kepada anggota-anggota ustadz dan ustadzah, sehingga tingkat kebergantungan ustadz dan ustadzah terhadap pemimpin masih terlalu tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 11 Nov 2010 04:15
Last Modified: 14 Nov 2010 12:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8922

Actions (login required)

View Item View Item