STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010

SAPTIYAN , ROZI (2009) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060034.pdf

Download (109kB)
[img] PDF
G000060034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi mutu output pendidikan. Oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru merupakan sebuah tuntutan prioritas agar dapat mencapai keberhasilan sekolah yang berkualitas. Sebagai objek, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah swasta disekitarnya, dari situlah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian skripsi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya meningkatan profesionalisme guru, dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan seluruh guru pendidikan agama Islam serta dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang terindikasikan melalui peranannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator ternyata telah, sedang, dan terus melakukan upaya peningkatan serta pemantaban profesionalisme pendidik sesuai dengan rencana, visi dan tujuan dari setiap indikasi strategi yang dilaksanakan. Sedangkan strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam penelitian ini adalah: 1) menyediakan bahan bacaan, 2) mengikutsertakan dalam MGMP, 3) pelatihan ESQ, 4) bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang lain, 5) rapat guru, 6) pre-service, 7) in-service, 8) penataran, 9) pengadaan alat-alat pembelajaran, dan 10) memberi motivasi serta suri tauladan. Sedangkan strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan, meliputi: 1) menyadarkan dan memberikan dorongan pada guru, 2) memantau guru, 3) pengadaan sarana dan prasarana yang lebih memadai, 4) pelatihan, 5) memberikan guru motivasi, 6) pelatihan untuk para guru, 7) memaksimalkan fungsi ketua koordinator mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian, strategi kepala sekolah dalam mengantisipasi hambatan yakni sebagai berikut : 1) melakukan penyeleksian calon guru, 2) memberi semangat dan diajak berdialog dengan guru, dan 3) mengevaluasi kinerja guru pada periode tertentu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelatihan ESQ, profesionalisme guru agama Islam , pre-service, in-service,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Nov 2010 09:07
Last Modified: 14 Nov 2010 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item