RAHMAT, RIVKY ARIF (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420060001.pdf Download (35kB) |
|
PDF
A420060001.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan pada siswa dan mengakhiri dengan meminta siswa menuliskan pengalaman belajar, kendala saat belajar, dan pengalaman apa saja yang didapat setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus I sebesar 6,8%, mengalami kenaikan prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus II sebesar 9,4% serta prosentase rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 2,8%. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Ajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Belajar, Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2010 08:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 13:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8855 |
Actions (login required)
View Item |