SUSILOWATI , TUTIK (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420050095.pdf Download (84kB) |
|
PDF
A420050095.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan. Metode penelitian dengan metode SQ3R dilakukan dalam dua siklus. Eksperimen dilakukan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-A pada siklus I (Aspek kognitif = 6,78 atau meningkat sebesar 1,06 poin dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 23,61 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 8,06 atau meningkat sebesar 1,28 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 45,89 (termasuk berminat) atau meningkat sebesar 22,28 poin dari siklus I). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus II meningkat dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2010 08:36 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 13:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8854 |
Actions (login required)
View Item |