EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

Panggalih , Maria Windi (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050025.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
A420050025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menerapkan pembelajaran kooperatif TTW untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif TTW pada materi pokok fotosintesis di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009. Sebagai tempat penelitian diambil kelas VIII D. Permasalahan yang timbul yaitu siswa kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran, ada sebagian siswa yang mengantuk saat guru menerangkan, siswa kurang antusias dengan metode ceramah, belum adanya kekompakan siswa satu sama lain dalam kelompok saat mengerjakan tugas diskusi kelompok, siswa sangat antusias dalam bertanya. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, proses selama tindakan, tes, dokumentasi dan refleksi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,4 ; rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,8 ; rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,3 ; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 7,0. Sedangkan pada segi afektif, pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa adalah 27,1 dengan kriteria kurang berminat; pada siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 34,6 dengan kriteria cukup berminat; sedangkan pada siklus III menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 46,6 dengan kriteria berminat. Berdasarkan perhitungan standar deviasi menunjukkan bahwa setelah penerapan metode TTW pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,5 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode TTW dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,5 point.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kooperatif TTW, efektifitas pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 10:00
Last Modified: 14 Nov 2010 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item