PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

GUNAWAN, GUNAWAN (2010) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220060028.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
A220060028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 2) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 3) Pengaruh pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan ber jumlah 165 siswa. Sampel diambil sebanyak 35 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,348 > 2,037. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,863 > 2,037. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 14,469 > 3,295. 4) Variabel keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif 20,7%. Variabel rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,8%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel rasa percaya diri memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel keharmonisan keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, rasa percaya diri dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 08:33
Last Modified: 14 Nov 2010 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8823

Actions (login required)

View Item View Item