ARIBOWO , DHANNY (2010) PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A220040025.pdf Download (77kB) |
|
PDF
A220040025.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2007/2008, yang keseluruhannya berjumlah 240 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ” Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 18,746, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 18,746 > 3,26 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel pemahaman persiapan siswa dalam belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,54% dan sumbangan efektif 23,93%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan relatif sebesar 52,46% dan sumbangan efektif 26,40%. Sehingga nampak bahwa variabel persiapan siswa dalam belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas, dengan demikian semakin tinggi intensitas persiapan siswa dalam belajar dapat dipastikan memberikan pengaruh pada prestasi belajar. Dari perhitungan di atas menunjukkan bahwa persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 50,33%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi belajar, fasilitas belajar dan lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu diperhatikan persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas agar tercapai hasil presasi belajar siswa yang lebih optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR DAN KEMANDIRIAN , PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 25 Oct 2010 08:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 13:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8807 |
Actions (login required)
View Item |