PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PARTINI , PARTINI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A5100704469.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
A5100704469.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika seberapa besar peningkatan hasil belajar Matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode group discuss bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 01 Gebyog Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang ada di SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 01 Gebyog semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini dapat diketahui dari data berikut: 1. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa Kelas III pada siklus I sebesar 68, 4, pada siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 74,8 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II dan siklus III. 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 57,5 % (24 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 72,5 % (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa) pada siklus III sebesar 80 % (33 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus III. Penelitian dapat menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode group discuss ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Matematika serta dapat mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa terhadap materi pelajaran hubungan antar satuan dalam mata pelajaran Matematika. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa (terdapat peningkatan sebesar 10,80 dari sebelum siklus samapai pada siklus III. Selain itu dengan penerapan metode group discuss membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak adak kejenuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, metode group discuss
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 05:58
Last Modified: 08 Jun 2012 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item