EFEKTIVITAS CTL ( CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ) PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN 01 ALASTUWO KEC. KEBAKKRAMAT KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SARI, WULAN ARUM (2010) EFEKTIVITAS CTL ( CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ) PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LUAS PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN 01 ALASTUWO KEC. KEBAKKRAMAT KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070632.pdf

Download (401kB)
[img] PDF
A510070632.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakanmodel- model pembelajaran yang bervariasi salah satuinya model CTL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Alastuwo pada pelajaran matematika pokok bahasan luas persegi panjang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dokumen, observasi, tes prestasi terdiri dari tes penjajakan dan tes akhir. Subyek yang diteliti guru dan siswa kelas III di SD Negeri 01 Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan tiga siklus yaitu siklus I , II dan III. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran model CTL hasil belajar matematika pokok bahasan luas persegi panjang siswa tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata- rata siswa 64,7 mengalami peningkatan pada siklus II 71,45 dan pada siklus III mencapai 81,04. Berdasarkan hasil tersebut dapat diajukan rekomendasi dengan penerapan CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 01 alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:11
Last Modified: 14 Nov 2010 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item