UPAYA MEMINIMALISASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN KELOMPOK BELAJAR (PTK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 PLUMBON KECAMATAN TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR) TAHUN 2009/2010

SUYATI , SRI (2010) UPAYA MEMINIMALISASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN KELOMPOK BELAJAR (PTK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 PLUMBON KECAMATAN TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR) TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070628.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
A510070628.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : (1) Mengimplementasikan pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan kelompok belajar sebagai upaya meminimalisasi kesulitan belajar siswa kelas V SDN 04 Plumbon Kecamatan Tawangmangu, (2) Meminimalisasi kesulitan belajar siswa kelas V SDN 04 Plumbon Kecamatan Tawangmangu, (3) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 04 Plumbon Kecamatan Tawangmangu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Plumbon. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika siswa pada luas bangun datar dapat diminimalisir melalui pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan kelompok belajar yang diukur dari jumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar yang meliputi : (1) berkurangnya siswa yang belum memahami kemampuan dasar matematika dari 36,84% menjadi 5,26%; (2) siswa yang kesulitan menerapkan rumus-rumus dalam pemecahan masalah matematika dari 47,37% menjadi 10,52%; (3) siswa yang kesulitan memecahkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari dari 47,37% menjadi 15,78%. Dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 04 Plumbon dapat meningkat yang diukur dari nilai rata-rata kelas yaitu dari 58 menjadi 70,26 dan jumlah siswa yang mencapai KKM melalui pembelajaran dengan mengoptimalkan kegiatan kelompok belajar dari 47,37% meningkat menjadi 94,73%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, mengoptimalkan, kelompok belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:03
Last Modified: 08 Jun 2012 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item