KUSMIYATUN , TITIK (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A510070569.pdf Download (741kB) |
|
PDF
A510070569.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. . Hasil analisis datanya adalah : perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 03 Kuto selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,65 pada pra siklus menjadi 6,907 pada siklus I, 7, 181 pada siklus II dan 7.554 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Oct 2010 02:53 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 14:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8774 |
Actions (login required)
View Item |