PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN (PTK di SDN 02 Sumberejo Kelas IV Tahun Pelajaran 2009/2010)

MURNIYATI , MURNIYATI (2010) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN (PTK di SDN 02 Sumberejo Kelas IV Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070551.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
A510070551.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan, siswa kelas IV SD Negeri 02 Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode bermain peran. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Sumberejo. Teknik pengumpulan data peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan tiap siklus adalah 22,2 % pada pra siklus, 33,3 % pada siklus I, 55,5 % pada siklus II, dan 83,9 % pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta perbandingan prestasi belajar yang dicapai siswa tiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan, siswa kelas IV SD Negeri 02 Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bermain peran, operasi hitung pecahan, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 02:22
Last Modified: 08 Jun 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item