SUSILO, AGUS (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A510070534.pdf Download (24kB) |
|
PDF
A510070534.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar bagi siswa SD Negeri 04 Karangrejo Kecamatan Kerjo.(2) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III tentang nilai-nilai budi pekerti pada Sekolah Dasar Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 04 Karangrejo yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas III SD Negeri 04 Karangrejo Jenis data berupa pemahaman tentang nilai-nilai budi pekerti. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang nilai-nilai budipekerti. Hasil analisis data nya adalah : menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 04 Karangrejo selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode bermain peran membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar PKn penanaman nilai-nilai budi pekerti metode bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2010 07:41 |
Last Modified: | 08 Jun 2012 10:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8765 |
Actions (login required)
View Item |