IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

H A R N I , H A R N I (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070521.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A510070521.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kualitatif dengan metode penelitian kooperatif tipe STAD. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V sebanyak 21 siswa SD Negeri Sumber VI No.255 Banjarsari, Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar sistem pernafasan ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil capaian prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran tipe STAD yaitu : Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata – rata 65,23 ; setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I diperoleh rata – rata 68,09 ; pada siklus II 72,14 ; sedangkan pada siklus III 75,95. Secara individual, jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal juga mengalami peningkatan hingga mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa : Pembelajaran dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Organ Pernafasan Manusia pada siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No.255 Kecamatan Banjarsari, Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 , dapat dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 07:43
Last Modified: 14 Nov 2010 14:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8760

Actions (login required)

View Item View Item