PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NGLEGOK KECAMATAN NGARGOYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KUSMARTINI , YULIASIH (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NGLEGOK KECAMATAN NGARGOYOSO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070494.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
A510070494.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Students Team Achievement Divisions) bagi siswa kelas V Semester I SD Negeri 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SD Negeri 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS Siswa Kelas V Semester I melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terbukti rata-rata prestasi belajar siswa pada pra tindakan 65.23, pada siklus I 68.09, pada siklus II 72.14, pada siklus III 75.95.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa, STAD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 05:21
Last Modified: 14 Nov 2010 14:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item