PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 01 NGEPUNGSARI KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

S E M O, S E M O (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 01 NGEPUNGSARI KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070448.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
A510070448.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Tujuan penelitianini antara lain 1. Penelitian dilaksanakan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Tahun Pelajaran 2009/2010. 2. Tujuan Khusus yakni Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan gambar pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010 Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh komponen yang ada di SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 yang termasuk di dalamnya Guru, Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngepungsari. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara serta test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpulan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata prestasi belajar IPS siswa kelas V Semester II pada siklus I sebesar 65, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II; 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 40,9 % ( 9 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa), pada siklus II sebesar 100 % (22 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 22 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui media gambar dapat meningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun pelajaran 2009 / 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 03:33
Last Modified: 14 Nov 2010 14:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8737

Actions (login required)

View Item View Item