PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SEWUREJO KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MASYHURI, ABU ALI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SEWUREJO KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070447.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
A510070447.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD (Students Team Achievement Divisions) bagi siswa kelas V SD Negeri 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V SDN 01 Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah Pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Students Team Achievement Divisions). Dalam pengumpulan data, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi , tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: (1) siklus I jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 4 anak atau 17,39 % sedangkan jumlah anak yang nilainya diatas KKM 19 anak atau 83,61 %, (2) siklus II jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 3 anak atau 13,03 % sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 20 anak atau 86,96%, (3) siklus III jumlah anak yang nilainya dibawah KKM sebanyak 0 atau 0 %, sedangkan jumlah anak yang nilainya di atas KKM 23 anak atau 100%. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Students Team Achievement Divisions) prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas V semester II SD Negeri 01 Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Sisw a, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 03:29
Last Modified: 14 Nov 2010 14:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item