KINERJA GURU TERHADAP PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK PERTIWI I TOYOGO TAHUN AJARAN 2009/2010

RAHAYU, RETNO MULAT NGESTI (2010) KINERJA GURU TERHADAP PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK PERTIWI I TOYOGO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085033.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
A520085033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kinerja guru dan respon siswa terhadap penggunaan metode bermain dalam proses pembelajaran di TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) TK Pertiwi 1 Toyogo sudah menerapkan metode bermain dalam proses pembelajaran, kegiatan tersebut anatara lain kegiatan dengan kartu nomor, gerakan motorik dengan iringan nyanyian ”kepala pundak”, menceritakan gambar seri ”kegunaan udara”, eksperimen meniup balon karet, membuat bentuk geometri dengan bergandengan tangan, jalan sehat dan mengamati lingkungan sekitar. (2) repon anak antusias dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru, walau masih ada anak yang tidak mau ikut serta dalam kegiatan dapat diatasi dengan bimbingan dan motivasi dari guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, metode bermain, respon anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 02:39
Last Modified: 11 Jun 2012 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item