UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas Di TK PGRI Celep I Sragen Tahun Ajaran 2009/2010)

SUSANTI , NUR DYAH (2010) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas Di TK PGRI Celep I Sragen Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085026.pdf

Download (365kB)
[img] PDF
A520085026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen yang berjumlah 16 orang anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolabolator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa secara berarti dalam pembelajaran melalui kegiatan bercerita. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang meliputi dua indikator yakni mengerti dan mengungkapkan gambar serta hasil gambar anak. Sebelum adanya tindakan nilai kreativitas rata-rata kelas berada pada angka 1.54 yang berarti kurang, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 2.46 yang berarti cukup, pada siklus II meningkat menjadi 3.5 yang berarti baik, dan di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi 3.63 yang berarti baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan bercerita dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kreativitas anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kegiatan Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 02:35
Last Modified: 11 Jun 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8731

Actions (login required)

View Item View Item