PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010

YANNI, YANNI (2010) PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085025.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
A520085025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas B TK Mawar, Nganti, Gemolong, Sragen sejumlah 29 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas B dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran di laksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan bermain peran pada setiap tindakan selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan perkembangan sosial anak yang meliputi keaktifan anak dalam bermain dengan anak lain mencapai 75,80%, kerja sama anak mencapai 75,80%, kemampuan anak dalam melaksanakan tugas kelompok mencapai 68,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain peran, pengembangan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 02:31
Last Modified: 12 Feb 2011 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item