MENGATASI PERMASALAHAN PERILAKU ANAK PENYANDANG AUTISME DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) DI TK PERMATA BUNDA SURAKARTA

REJEKI , SRI (2010) MENGATASI PERMASALAHAN PERILAKU ANAK PENYANDANG AUTISME DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) DI TK PERMATA BUNDA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085004.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
A520085004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah perilaku kepatuhan anak penyandang autisme terhadap instruksi yang diberikan oleh guru belum ada sama sekali sebelum diterapkannya metode ABA untuk menerapi perilakunya. Setelah diterapkannya metode ABA dalam kegiatan pembelajaran anak secara individual maka perilaku anak lebih terarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah metode ABA dapat mengatasi permasalahan perilaku anak penyandang autisme di TK Permata Bunda Surakarta?, Bagaimanakah respon anak didik di TK Permata Bunda terhadap implementasi metode ABA? serta bagaimanakah hasil yang dicapai anak setelah diterapi dengan menggunakan metode ABA? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan perilaku anak penyandang autisme dengan metode ABA di TK Permata Bunda Surakarta, untuk mengetahui respon anak didik di TK Permata Bunda terhadap implementasi metode ABA, untuk mengetahui hasil yang dicapai anak setelah diterapi dengan menggunakan metode ABA. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan menggunakan tahap deskriptif, analisis, interprestasi, evaluasi, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa bahwa untuk keberhasilan penerapan metode ABA untuk mengatasi perilaku anak penyandang autisme terhadap intruksi/perintah yang diberikan oleh guru, membutuhkan intensitas waktu yang lama dan rutin dilakukan setiap hari. Untuk itu peran orang tua juga dibutuhkan untuk mempraktekkan dirumah kegiatan yang sudah diberikan guru disekolah sehingga perilaku anak autis yang aneh bisa kita minimalis, anakpun bisa seperti anak normal lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode ABA, Perilaku, Kepatuhan, Anak, Perintah, Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 07:28
Last Modified: 11 Jun 2012 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item