Nugroho, Eri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2020) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (715kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (807kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Halaman Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
Abstract
Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca dapat dilakukan melalui program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, 2) minat baca siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, 3) hambatan dalam implementasi program gerakan literasi sekolah, 4) solusi yang diterapkan dalam menghadapi hambatan implementasi gerakan literasi sekolah . Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakakn melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sedang dikembangkan oleh sekolah dapat diamati melalui, salah satu kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran, dan adanya karya yang ada didalam kelas yang kaya teks 2) Proses menumbuhkan minat baca siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat terlaksana, di mana anak-anak di antusias melakukan kegiatan literasi di perpustakaan, 3) Hambatan dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, antara lain kurangnya sosialisasi, 4) Solusi yang ditawarkan dalam menghadapi hambatan yang ada antara lain, yaitu stakeholder harus memiliki kreativitas dalam rangka menginisiasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan mencari informasi tentang GLS di internet ataupun buku terkait.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ERI NUGROHO |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 22:51 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 22:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87112 |
Actions (login required)
View Item |