PEMASARAN SEKOLAH STUDI SITUS DI SMK GANESA SATRIA TEMANGGUNG

Pitoyo, Makmun (2010) PEMASARAN SEKOLAH STUDI SITUS DI SMK GANESA SATRIA TEMANGGUNG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070072.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
Q100070072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi yang baru maupun yang lama, yang jelas dan tepat tentang karakteristik konsep pemasaran sekolah, karakteristik struktur organisasi pemasaran, karakteristik instrumen pemasaran, dan karakteristik komitmen pemasarannya, mendorong para praktisi pendidikan untuk membuat dan melakukan manajemen pemasaran sekolah yang tepat dalam upaya rekruitmen siswa baru di sekolah berlandaskan pada temuan-temuan penelitian dan teori-teori manajemen modern, memacu para praktisi pendidikan, khususnya di lingkungan kabupaten Temanggung untuk menghadirkan lembaga pendidikan yang kompetitif, dan untuk menemukan informasi baru tentang kemungkinan faktor penyebab tertariknya masyarakat/siswa bersekolah di suatu lembaga pendidikan. Penelitian yang dilakukan di SMK Ganesa Staria Temanggung ini adalah penelitian kualitatif karena mempertimbangkan fokus penelitiannya. Penelitian ini juga deskriptif sebab penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan data-data kualitatif dan didesain sebagai salah satu jenis penelitian pendidikan dengan landasan fenomenologis. Bentuk laporannya menggunakan model studi situs karena dibatasi pada satu fenomena dalam satu lokasi saja dan ditulis secara naratif, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pemasaran sekolah SMK Ganesa Satria Temanggung dirancang berdasarkan kebutuhan pasar (masyarakat setempat) dengan melibatkan seluruh guru dan karyawan dalam pelaksanaannya. Sekolah tersebut membentuk panitia penerimaan siswa baru dengan jumlah terbatas, yang terdiri dari penanggungjawab, ketua, sekretaris, bendahara dan pelaksana. Panitia menawarkan sepuluh keunggulan sekolah tersebut yang dituangkan dalam brosur, leaflet maupun spanduk. Salah satu dari sepuluh keunggulan itu adalah lokasi strategis yang berada di jalan raya yang membuat para calon siswa tertarik. Panitia juga mendatangi sekolah-sekolah terdekat untuk mempromosikan seluruh hal yang berkaitan dengan sekolah. Temuan juga menunjukkan bahwa sekolah tersebut diterima masyarakat karena komitmennya terhadap fasilitas yang memadai dan merasa puas atas pelayanannya karena seluruh calon siswa diberi kesempatan yang sama untuk belajar di sekolah tersebut. Cara-cara untuk memasarkan kepada masyarakat dirancang sebelum para calon siswa masuk hingga mereka menjadi alumni. Rekomendasi yang penulis usulkan adalah agar tim pemasaran tidak hanya dirancang untuk penerimaan siswa baru saja tetapi juga dirancang untuk seluruh pelayanan kepada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, konsep, struktur organisasi, instrumen, komitmen, dan rekruitmen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Oct 2010 09:26
Last Modified: 14 Nov 2010 14:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8702

Actions (login required)

View Item View Item