PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) NURSIWI KOTA YOGYAKARTA

Sujadi, A.A. (2010) PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) NURSIWI KOTA YOGYAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070083.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
Q100070083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik guru, siswa, materi pembelajaran, interaksi pembelajaran, sistem evaluasi dan fisik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nursiwi kota Yogyakarta. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan etnografi untuk mendapatkan pemahaman lewat metode kualitatif, melalui pengamatan berperanserta (participant observation), wawancara terbuka (open-ended interviewing) dan dokumentasi, sehingga dihasilkan data deskriptif yang memungkinkan peneliti melihat dunia ini seperti yang dilihat oleh subyek penelitian. Lokasi penelitian adalah di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nursiwi RW 05, Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah guru, kepala dan pengurus PAUD Nursiwi, sedangkan narasumber pendukungnya adalah orang tua siswa. Data dijaring dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, obeservasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik guru beragam ditinjau dari tingkat pendidikan, usia, pengalaman maupun kompetensinya. Karakteristik siswa juga beragam ditinjau dari usia, profesi orang tua, agama maupun tempat tinggalnya. Materi pembelajaran mengacu pada Menu Pembelajaran Generik Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2002. Pembelajaran berlangsung 3 hari dalam setiap minggu antara jam 08.00 sampai 10.00 dengan mengembangkan aspek moral/nilai agama, fisik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, dan seni/estetika. Metode pembelajaran terutama ceramah dan demonstrasi di samping simulasi dan diskusi. Evaluasi secara lisan dengan pengamatan langsung dan dicatat dalam Buku Kemajuan Siswa. Kondisi fisik/tempat belajar siswa masih sederhana tetapi cukup nyaman untuk pembelajaran anak usia dini. Terutama guru, alat pembelajaran, interaksi pembelajaran dan tempat pembelajaran masih perlu dikembangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Oct 2010 08:54
Last Modified: 14 Nov 2010 14:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8701

Actions (login required)

View Item View Item