PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK TAMANSISWA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010

PRASETYONINGSIH , PUPUT (2010) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK TAMANSISWA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060181.pdf

Download (863kB)
[img] PDF
A210060181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang penarikan kesimpulannya didasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Tamansiswa Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 134 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data lingkungan keluarga dan kemandirian belajar diperoleh melalui angket, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar akuntansi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, , uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analilisis regresi linier ganda diperoleh persamaan Y=42,145 + 0,892X1 + 0,855X2, artinya prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,144 > 2,021 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,213 > 2,021 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,003. 3) Ada pengaruh yang positif lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 49,306 > 3,23 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,727, berarti 72,7% prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh variabel lingkungan keluarga dan kemandirian belajar, sedangkan sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel lingkungan keluarga (X1) memberikan sumbangan relatif sebesar 57,3% dan sumbangan efektif 41,7%. Variabel kemandirian belajar (X2) memberikan sumbangan relatif sebesar 42,7% dan sumbangan efektif 31%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, kemandirian belajar, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 08:01
Last Modified: 14 Nov 2010 14:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8700

Actions (login required)

View Item View Item