PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010

RIANA , RESTU NOVA (2010) PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060179.pdf

Download (712kB)
[img] PDF
A210060179.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil 84 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda Y=42,846+0,620X1+0,458X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan penelitian ini 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,231 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,654 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 36,189 > 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,472, berarti 47,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,2% dan sumbangan efektif 29,4%. Variabel pergaulan teman sebaya memberikan sumbangan relatif sebesar 37,8% dan sumbangan efektif 17,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, pergaulan teman sebaya dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 07:53
Last Modified: 14 Nov 2010 14:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item View Item