PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010

Chotimah, Husnul (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060123.pdf

Download (580kB)
[img] PDF
A210060123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran kontekstual. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat menumbuhkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Delanggu, Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 41 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan pembelajaran. Setiap siklus terdapat empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan tindakan pembelajaran dalam standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang pada kelas X Akuntansi meningkat, pada siklus I siswa yang tuntas belajar 33 siswa (80,4%) dengan nilai rata-rata 7,4; siklus II siswa yang tuntas belajar 36 siswa (87,80%) dengan nilai rata-rata 7,6 dan siklus III siswa yang tuntas belajar 37 siswa (90,24%) dengan nilai rata-rata 7,9, dari siklus I ke siklus berikutnya ternyata ada kemajuan meskipun siswa yang mencapai tuntas belajar tidak mencapai 100%. Tetapi jika dilihat dari nilai rata-rata kelas antara sebelum dengan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual nilai rata-rata kelas meningkat, yaitu dari 6,5 menjadi 7,9. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan, bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kontekstual pemahaman dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi menyelesaikan siklus perusahaan jasa dan dagang dapat ditingkatkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and learning) dan hasil belajar , mata pelajaran akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:51
Last Modified: 22 Nov 2019 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8685

Actions (login required)

View Item View Item