Yulianto, Agus (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (Studi Situs di SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100070460.pdf Download (396kB) |
|
PDF
Q100070460.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan materi pembelajaran, interaksi belajar dan evaluasi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA PGRI 1 Karangmalang Sragen Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, pendekatan etnografi merupakan pendekatan penelitian secara mendalam dalam suatu lingkungan budaya yang diteliti dimana peneliti ikut berperan serta didalamnya sambil mencatat data – data yang diperoleh dalam lingkungan budaya tersebut sebagai catatan lapangan yang akan dipakai sebagai data penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru teknologi informasi dan komunikasi dan siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan materi pembelajaran dilakukan dengan menentukan ruang lingkup dan urutan materi pembelajaran berdasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar. Ruang lingkup materi pembelajaran ditetapkan dengan memberikan batasan materi berdasakan jenis materi kognitif, afektif, psikomotorik dan kedalaman materi secara detail Urutan meteri pelajaran ditetapkan dengan mengurutkan jenis materi yang berupa materi fakta, konsep, prinsif dan prosedural. Cara mengurutkan materi dapat dilakukan secara prosedural dan hierarkis (berjenjang). Secara prosedural yaitu berdasarkan urutan penggunaan dan pengoprasian peralatan teknologi informasi dan komunikasi, secara hierarkis (berjenjang) berupa urutan materi dari yang mudah ke yang sulit, dari materi yang sederhana dan abstrak ke materi yang rumit atau konkrit. 2) Interaksi belajar berpusat pada siswa yang meliputi interaksi belajar antara guru dengan siswa, dalam hal ini guru diposisikan sebagai fasilitator yang membimbing dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar. Interaksi siswa dengan siswa diwujudkan sebagai tutor bagi teman sebaya. 3) Proses evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tes tertulis berupa evaluasi harian, evaluasi tengah semester dan semesteran dan tes non tulis melalui pengamatan unjuk kerja dan fortofolio. Untuk menentukan ketuntasan belajar siswa didasarkan pada standar minimal yang telah ditentukan yang meliputi standar minimal nilai dan standar minimal kompetensi yang harus dikuasai siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, teknologi informasi, interaksi belajar, evaluasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Oct 2010 08:43 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 15:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8662 |
Actions (login required)
View Item |