PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI SITUS SMA NEGERI 3 BOYOLALI)

Prasetyaningsih, Budi (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI SITUS SMA NEGERI 3 BOYOLALI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070568.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
Q100070568.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Kimia merupakan ilmu dasar (basic science) sebagai salah satu mata pelajaran yang dianggap masih sukar dipahami oleh siswa. Pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Untuk mengoptimalkan peran guru dalam proses pembelajaran kimia, maka guru harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik, bagaimanakah cara mengelola interaksi dengan siswa, mengelola ruang kelas, menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran, dan bagaimanakah upaya mengelola lingkungan belajar di dalam kelas. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat belajar aktif, mampu mengembangkan kreatifitasnya, dapat memahami pelajaran, dan terampil dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk :(1) mendeskripsikan karakteristik interaksi antara guru dengan siswa,(2) mendeskripsikan karakteristik pengelolaan ruang kelas,(3) mendeskripsikan karakteristik pengelolaan sumber dan bahan pelajaran ,(4)mendeskripsikan karakteristik pengelolaan media,(5) mendeskripsikan karakteristik pengelolaan lingkungan belajar pada proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, dimana peneliti terlibat langsung dalam kancah penelitian.Penelian dilakukan di SMA Negeri 3 Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa Tengah.Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data,sajian data dan penarikan simpulan.Keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi dan pengecekan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) karakteristik interaksi antara guru dengan siswa, hubungan interpersonal guru siswa tidak kaku sehingga konsepkonsep pada Mapel Kimia lebih mudah diterima,(2) karakteristikpengelolaan ruang kelas, penataan meja dan kursi disesuaikan dengan metode pembelajaran serta hasil karya siswa dipajang di ruang kelas atau laboratorium kimia,(3) karakteristik sumber dan bahan pelajaran,silabus kimia dibuat sesuai dengan KTSP,terjadi kendala pada pemakaian laboratorium kimia karena laboratorium kimia digunakan kelas,(4) karakteristik pengelolaan media, penggunaan media bervariasi disesuaikan dengan materi pembelajaran dengan tujuan untuk menyamakan persepsi konsep terutama konsep yang abstrak,(5) karakteristik pengelolaan lingkungan belajar,terjadi proses pembelajaran kontekstual dengan penggunaan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran kimia, interaksi guru dengan siswa, ruang kelas, sumber dan bahan pengajaran, media pembelajaran, lingkungan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Oct 2010 09:10
Last Modified: 14 Nov 2010 15:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item