PENGARUH MENONTON ACARA TELEVISI PADA SAAT JAM BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010

MAYANGSARI , MUSTIKA PUTRI (2010) PENGARUH MENONTON ACARA TELEVISI PADA SAAT JAM BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060022.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A210060022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) adakah pengaruh menonton acara televisi pada saat jam belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) adakah pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa; 3) adakah pengaruh menonton acara televisi pada saat jam belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini dalah deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan obyek penelitian apa adanya dan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Tahun Ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 204 siswa (5 kelas). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket yang disusun terlebih dahulu diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, Uji R2 dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analilisis regresi linear diperoleh persamaan Y=80,254 – 0,906 X1 + 0,734 X2. Persamaan menunjukan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kebiasaan menonton acara televisi pada saat jam belajar dan perhatian orangtua. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Menonton acara televisi pada saat jam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung < -t tabel (-4,25<-2,002) diterima pada taraf signifikansi 5%. Menonton acara televisi pada saat jam belajar memberikan kontribusi sebesar 20,3% terhadap prestasi belajar. 2) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung > t tabel(5,319>2,002) diterima pada taraf signifikansi 5%. Perhatian orangtua memberikan kontribusi sebesar 29,6% terhadap prestasi belajar. 3) Menonton acara televisi pada saat jam belajar dan perhatian orangtua secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai F hitung > F tabel (28,371>3,159) diterima pada taraf signifikansi 5%. Menonton acara televisi pada saat jam belajar dan perhatian orangtua memberikan kontribusi sebesar 49,9% terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menonton acara televisi pada saat jam belajar, perhatian orangtua,prestasi belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 08:51
Last Modified: 14 Nov 2010 15:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item