PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN

WIDODO, SARONO (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070709.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
Q100070709.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian pengelolaan pembelajaran mata pelajaran IPA ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai key instrumen. Lokasi penelitian ini di Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan, dokumen, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan validitas, konfirmability, defendabilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo dabin IV Karangrayung meliputi pengembangan silabus, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan penyiapan materi pembelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan dilaksanakan dengan mengacu pada perencanaan yang telah dibuat oleh masing-masing guru. Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan pada pelaksanaanya menggunakan media belajar yang mendukung pembelajaran IPA dan juga penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, seperti penggunaan metode praktikum; dan 3) Evaluasi pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan menggunakan evaluasi secara tertulis seperti penerapan pretest, postes, ulangan harian, dan juga ulangan semester.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2010 08:51
Last Modified: 14 Nov 2010 15:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8623

Actions (login required)

View Item View Item